Bos Pertamina: Mengelola Blok Mahakam Kami Naik Kelas

Jakarta -PT Pertamina (Persero) siap mengelola Blok Mahakam, yang kini masih dikelola Total E&P Indonesie yang kontraknya akan berakhir pada 2017. Bagi Pertamina, bisa mengelola Blok Mahakam akan menaikkan kelas Pertamina sebagai perusahaan energi.

"Pertamina 100% siap mengelola Blok Mahakam, kalau sampai Pertamina tidak bisa kelola Mahakam jangan harap Pertamina bisa ngebor deep water (Ngebor minyak di laut dalam) di negara lain," kata Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi VI DPR, Kamis (5/12/2013).


Bahkan kata Karen, pengelolaan Blok Mahakam akan membuat Pertamina bisa berpeluang menggarap proyek migas yang lebih besar dari Blok Mahakam.


"Mengelola Blok Mahakam bagi kami adalah naik kelas, naik kelas ke level lebih tinggi sebagai perusahaan minyak," ucapnya.


Karen menegaskan apabila Pertamina mengelola Mahakam dan berhasil, maka Pertamina mengincar proyek migas yang lebih tinggi risikonya seperti Blok Masela dan Blok Natuna.


"Kalau sudah Blok Mahakam, lalu kita naik kelas kelola Blok Masela, setelah Masela lalu ke Natuna, karena Natuna terkenal dengan Blok yang tinggi risikonya," katanya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!