Kuba Tiba-tiba Muncul dalam Perseteruan Perundingan di WTO Bali

Nusa Dua -Menjelang penutupan Konferensi Tingkat Menteri (KTM) World Trade Organization (WTO) IX di Bali yang dikemas dalam Paket Bali (Bali Package), Kuba tiba-tiba menyampaikan keberatannya. Juru Bicara WTO, Keith Rockwell mengatakan belum mengetahui jelas alasan Kuba meminta waktu untuk berbicara di dalam forum WTO.

"Kuba tidak ingin sekarang. Kuba belum suka dengan keputusan ini. Namun orang WTO belum mengetahui secara detil apa yang tidak disuka sama Kuba. Mereka (Kuba) minta waktu untuk membicarakan ini tapi DG (Dirjen WTO) bilang, sekarang saya akan membagikan text ini (draft text sementara Paket Bali), kalian baca, baru kembali lagi jam 12 dan akan didiskusikan kembali," ungkap Rockwell saat mengunjungi ruang media center di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua Bali, Jumat (6/12/2013).


"Tapi Kuba kesal dan menginginkan waktu untuk berbicara saat itu juga, tapi itu bukan rancangan pertemuan tersebut, jika dibuka sekarang, maka semua (delegasi) juga akan meminta waktu untuk berbicara. Semua akan memiliki waktu untuk berbicara saat melanjutkan pertemuan tersebut. Saya masih belum tahu apa keberatan dari Kuba, padahal kuba telah bertemu DG berkali-kali. Pertemuan diperpanjang hingga besok," imbuhnya


Sedangkan mengenai perseteruann India dan Amerika Serikat (AS) terkait persetujuan Proposal G33 menurut Rockwell sudah ada kemajuan. Sebelumnya salah satu masalah yang membuat perundingan mandek adalah sikap India yang meminta waktu tak terbatas saat pemberlakuan penambahan subsidi pertanian negara berkembang dari 10% menjadi 15% dari nilai produksi.


Padahal negara maju seperti Amerika Serikat sudah melunak memberikan tambahan subsidi, namun dengan catatan hanya bisa diberikan selama 4 tahun saja. India juga meminta revisi acuan harga yang tidak lagi menggunakan harga di Putaran Uruguay tahun 1986-1988 namun menggunakan harga terbaru.


"Perkembangan dengan India sangat baik, mereka senyum dan tepuk tangan. Ada kemajuan dari pertemuan ini. Froman (Amerika Serikat) dan Sharma (India) saling merangkul, orang-orang tertawa, dan bertepuk tangan," imbuhnya.


Oleh karena itu ia mengisyaratkan jika pengumuman hasil KTM WTO IX Bali baru akan dllakukan pada pukul 03:00 hingga pukul 04:00 pagi ini.


"Saya tidak tahu apa yang menjadi keberatan Kuba, tapi yang saya lihat mereka kesal atau tidak senang. Perundingan Alot, Penutupan Upacara WTO Ditunda. Akan selesai pada pukul 3 pagi, jam 12 pagi ini mereka akan kembali. Intinya acara selesai sebelum sarapan pagi," cetusnya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!