Indonesia Terlalu Doyan Impor, Makanya Rupiah Melemah

Bandung -Pelemahan nilai tukar mata uang tidak hanya dialami oleh Indonesia akan tetapi juga bagi negara lain. Seharusnya naik dolar ini dimanfaatkan untuk ekspor, bukan 'merengek' minta dolar melemah supaya bisa menggenjot lebih banyak impor.

Memang tingginya kebutuhan dalam negeri mendorong impor semakin tinggi. Kalau produksi dalam negeri bisa mencukupi kebutuhan, maka pelemahan nilai tukar tidak akan dianggap sebagai sebuah kiamat karena tidak perlu impor.


"Ketika rupiah melemah jangan dianggap kiamat. Cuma bedanya, kita ini manja. Kenapa? Karena sulit impor. Kita merengek kalau rupiah melemah," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Difi Johansyah dalam diskusi seputar nilai tukar di Hotel Trans Luxury, Bandung, Sabtu (7/12/2013).


Saat rupiah melemah, maka nilai harga untuk pembelian barang impor akan naik. Untuk mendapatkan keuntungan harga jual barang tersebut juga harus dinaikan.


Sulitnya bagi importir, harga harus disesuaikan dengan daya beli masyarakat. Sehingga kenaikan harga jual menjadi pertimbangan yang cukup serius.


"Makanya ketika rupiah melemah, kita merengek karena kita nggak bisa impor," sebutnya


Padahal barang impor tersebut banyak yang bisa diproduksi di dalam negeri. Seperti peralatan elektronik. Meskipun dirakit di Indonesia, namun komponennya masih saja diimpor.


"Masalah kita memang kita nggak bisa memproduksi barang sendiri," ungkapnya.


(mkl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!