Dahlan akan Lepas Ekspor Perdana Pisang Subang ke Singapura

Subang -Hari ini Menteri BUMN Dahlan Iskan dijadwalkan menghadiri ekspor perdana buah tropik asal Subang ke Singapura. Buah pisang ini merupakan hasil perkebunan BUMN PTPN VIII di Subang, Jawa Barat.

Pisang yang diekspor merupakan jenis Mas Kirana seberat 7,26 ton senilai SGD 5.445 atau sekitar Rp 51 juta.


"Sejak dirintis pada 2012, luas areal tanaman buah-buah mlik PTPN VIII kini mencapai 4.017,02 hektar terdiri dari buah pisang, papaya, manggis, durian alpukat, dan buah lainnya," kata Dirut PTPN VIII Dadi Sunardi di lokasi Kebun Jalupang Subang, Jawa Barat, Jumat (6/12/2013).


Untuk perkebunan pisang, PTPN VIII mengalokasikan lahan seluas 1.342,53 hektar. Diproyeksikan luasan terus akan bertambah.


"Pada tahun 2016 mendatang bisa menjadi sala satu pelaku bisnis utama produk buah-buah bernilai tinggi di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta," tambahnya.


Pada lokasi acara terlihat, sebuah kontaner siap diberangkatkan. Lokasi acara berada di tengah perkebunan buah dan produk tanaman lainnya. Ide perkebunan buah tropik ini didorong oleh Dahlan. Tujuannya untuk menangkap pasar buah tropik yang besar dan membentengi serbuan buah-buah impor di dalam negeri.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!