BI Blusukan ke Pasar Banyumas Cari Uang 'Butut'

Banyumas -Agar seluruh lapisan masyarakat di Banyumas, Jawa Tengah, dapat menikmati uang bersih (layak edar), Bank Indonesia (BI) cabang Purwokerto bersama perbankan di wilayah Banyumas serta Pemkab Banyumas melakukan "Pencanangan Bersih Rupiah dan Gerakan Indonesia Menabung" dengan melakukan blusukan ke dalam Pasar Wage Purwokerto.

Blusukan ini dilakukan dalam rangka menyapa para pedagang yang akan menukarkan uang yang sudah tidak layak edar dengan uang jenis pecahan yang berkualitas lebih baik.


"Uang layak edar tidak hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah atas yang berbelanja di pasar swalayan besar, tetapi juga dapat dinikmati di pasar-pasar tradisional oleh segala lapisan masyarakat," kata Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Rahmat Hernowo, Sabtu (7/12/2013).


Menurut dia, tujuan dari kegiatan ini sendiri dimaksudkan agar masyarakat dapat memperoleh informasi langsung yang menjamin ketersediaan alat tukar rupiah dalam jumlah yang cukup. Uang yang ditukarkan ke para pedagang dimulai dari pecahan Rp. 1000 hingga Rp. 100 ribu.


"Petugas teller bank di Purwokerto kita buat beberapa kelompok yang kita sebar ke dalam pasar untuk langsung berinteraksi dengan para pedagang yang akan menukarkan uang yang sudah tidak layak edar dengan uang yang berkualitas baik. Kita juga menyediakan mobil kas keliling agar memudahkan pedagang yang akan menukarkan uang dalam jumlah besar," jelasnya.


Dalam kegiatan ini dia juga mengimbau agar masyarakat dapat mewaspadai peredaran uang palsu menjelang Hari Raya Natal, Tahun Baru 2014, dan Pemilihan Umum 2014. Kerena menjelang momen-momen besar tersebut sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mencari keuntungan dengan mengedarkan uang palsu.


"Uang palsu kalau saat ini masih normal, artinya ada tetapi masih seperti yang sebelum-sebelumnya, belum ada frekuensi yang menunjukkan peningkatan," ujarnya.Next


(arb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!