Naik Commuter Line Bisa Pakai Flazz BCA

Jakarta -PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) melakukan kerjasama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam penggunaan kartu Flazz sebagai salah satu alat transaksi pembayaran tiket KRL. Penumpang nantinya bisa membayar menggunakan kartu Flazz BCA mulai 8 Desember 2013.

Sejak diberlakukannya e-Ticketing dan tarif progresif pada 1 Juli 2013, pengguna jasa dapat menggunakan pilihan tiket harian berjaminan (THB) untuk satu kali perjalanan dan kartu multi tirp (KMT) untuk tiket berlanggana. Saat ini sekitar 55% pengguna jasa telah menggunakan KMT.


"Diharapkan dengan hadirnya flazz BCA yang dapat digunakan untuk perjalanan KRL dapat terus meningkatkan jumlah transaksi tanpa uang tunai," kata Dirut PT KCJ, Tri Handoyo, di Stasiun Sudirman, Jakarta, Minggu (8/12/2013).


Untuk dapat menggunakan Kartu Flazz sebagai tiket Commuter Line, pengguna jasa harus melakukan aktivasi terlebih dahulu pada perangkat balance reader yang tersedia di stasiun dan selanjutnya kartu Flazz BCA dapat langsung digunakan untuk melakukan tap ini pada seluruh gate yang tersedia di stasiun KRL Jabodetabek. Aktivasi ini hanya perlu dilakukan 1 kali pada saat kartu Flazz BCA akan digunakan untuk perjalanan KRL pertama kali.


"Pada prinsipnya seluruh ketentuan yang akan diberlakukan pada kartu Flazz tidak berbeda dengan Kartu Multi Trip (KMT) dimana untuk dapat melakukan perjalanan KRL, pengguna jasa harus memiliki saldo minimal Rp 7 ribu," papar Tri.


"Selanjutnya besaran pinalti Rp 7 ribu dan suplisi Rp 50 ribu juga akan diberlakukan pada penggunaan jasa yang memakai kartu Flazz BCA jika ada pelanggaran yang dilakukan saat menggunakan jasa KRL," imbuhnya.


Perbedaan signifikan antara KMT dan Flazz BCA hanya terdapat pada cara pengisian saldo dimana untuk melakukan isi ulang pengguna kartu Flazz BCA tidak dapat melakukan transaksi isi ulang di loket stasiun Jabodetabek. Isi ulang saldo pada Flazz BCA dapat langsung dilakukan pada ATM non-tunai BCA serta merchant bertanda Flazz Isi Ulang.


Penerapan e-ticketing dan tarif progresif sendiri membawa penambahan jumlah penumpang secara signifikan. Setiap harinya terdapat sekitar 600 ribu transaksi pada perjalanan KRL di Jabodetabek.


"Diharapkan dengan hadirnya Flazz BCA, transaksi pada perjalanan KRL menjadi semakin mudah, cepat, praktis, nyaman dan memperkecil resiko yang mungkin terjadi pada penggunaan uang tunai," tutupnya.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!