Dirjen WTO Roberto Azevedo Sebut Mandela Inspirasi Semua Manusia

Nusa Dua -Tutup usianya Nelson Mandela di usia yang ke-95 tahun menyisakan duka yang mendalam di seluruh dunia, tak terkecuali bagi Dirjen World Trade Organization (WTO) Roberto Azevedo.

Orang nomor satu di organisasi perdagangan dunia ini mengucapkan pesan duka kepada media yang meliput Konferensi Tingkat Menteri (KTM) WTO IX di Bali. Azevedo kini berada di Bali selama 3 hari untuk menghadiri dan memimpin KTM WTO IX.


Azevedo menyebutkan mantan presiden Afrika Selatan itu adalah sosok yang inspiratif bagi seluruh umat manusia. Mandela adalah sosok presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan. Mandela adalah tokoh yang memperjuangkan kesetaraan tidak berdasarkan atas warna kulit serta menghapus Politik Apartheid.


"Saya ingin mengirimkan duka kepada Nelson Mandela. Atas nama WTO dan seluruh anggota, saya berbelasungkawa yang terdalam kepada keluarganya, kepada orang-orang dari Afrika Selatan, dan orang-orang di seluruh dunia yang hidupnya telah tersentuh oleh teladannya. Dia (Nelson Mandela) benar-benar salah satu tokoh dunia yang menawarkan harapan dan inspirasi bagi semua umat manusia," kata pria asal Brasil ini di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua Bali, Jumat (6/12/2013).


Nelson Mandela meninggal, Jumat (6/12/2013) hari ini, karena penyakit infeksi paru-paru yang dideritanya. Nelson Mandela terus berjuang mesti dalam kondisi kritis. Putri Mandela menyebut ayahnya masih memiliki semangat berjuang, meski secara kasat mata terlihat tak berdaya di ranjang.


Mandela sempat menjalani perawatan medis di kediamannya di Johannesburg selama penyakit yang diidapnya menyerang dirinya. Sebelum dirawat di rumah, Mandela menghabiskan waktu selama 3 bulan dirawat intensif di rumah sakit.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!