Dahlan: BUMN Harus Peras Otak untuk Survive

Jakarta -Menteri BUMN Dahlan Iskan memberi masukan kepada para direksi BUMN untuk menghadapi tantangan tahun 2014. Menurutnya direksi BUMN harus bekerja ekstra dan memutar otak agar bisa bertahan dan menggenjot kinerja di tengah perlambatan ekonomi Indonesia dan global.

"Saya hanya pesan satu yakni keadaan ekonomi nggak seperti tahun lalu maka masing-masing BUMN harus memeras otak untuk survive di ekonomi yang gelap," kata Dahlan pada acara Anugerah BUMN 2013 di Grand Melia Jakarta, Kamis (5/12/2013).


Situasi yang sulit di 2014, bisa berdampak positif atau negatif terhadap BUMN. Hal ini sangat tergantung pada sektor usaha masing-masing BUMN.


"Beberapa perusahaan langsung terpengaruh, beberapa perusahaan senang ekspor membaik. Tahun ini sulit, tahun depan lebih sulit," jelasnya.


Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan diproyeksi berada pada kisaran 5,6%. Ia meminta kinerja BUMN untuk bisa tumbuh di atas rata-rata.


"Karena itu, saya nggak ingin tumbuhnya di rata-sata sebaiknya tumbuh di atas rata-rata. Kita optimistis kita di atas itu," seru Dahlan.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!