Urusan Duit, Wanita Lebih 'Canggih' Ketimbang Pria

Nusa Dua -Wanita ternyata punya banyak keahlian dalam urusan rumah tangga. Tak hanya merawat anak, wanita pun lebih 'canggih' dalam mengatur keuangan keluarga ketimbang para pria.

"Wanita memiliki lebih banyak pengetahuan soal uang dan mengelola uang ketimbang pria. Analisis yang dilakukan juga menunjukkan wanita lebih dominan untuk mengetahui lebih jauh soal uang ketimbang pria," kata Asisten Deputi Gubernur BI, Mulya Siregar di sela Seminar International Financial Literacy OJK di Hotel Grand Nikko Bali, Selasa (3/12/2013).


Dijelaskan Mulya, wanita sebagai ibu rumah tangga cocok dijadikan target dan sasaran untuk di-edukasi lebih jauh tentang jasa keuangan. Selain merupakan 'Menteri Keuangan' di rumahnya, wanita bisa mengedukasi secara langsung anak-anaknya mengenai pentingnya menabung.


Di tempat yang sama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri fokus untuk membidik Ibu Rumah Tangga (IRT) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk diperkenalkan kepada industri jasa keuangan ke depan.


Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti S Soetiono mengungkapkan kedua sasaran jadi target sosialisasi di 2014 mendatang.


"Ada 6 lapangan pembiayaan yakni bank, asuransi, pegadaian, dana pensiun, perusahaan efek dan pasar modal. Tingkat literasi keuangannya sangat rendah ini tantangan bagi kita," kata wanita yang akrab disapa Titu ini.


"Di Tahun 2014 nanti target level akan dinaikkan yakni dengan memperkenalkan jasa keuangan ke Ibu Rumah Tangga dan UKM," kata Titu.Next


(dru/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!