Apakah Dolar Bisa Sampai Rp 13.000?

Jakarta -Dalam beberapa hari terakhir, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah. Saat ini, dolar AS masih berada di atas Rp 12.000. Apakah dolar bisa mencapai angka Rp 13.000?

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter Bank Indonesia (BI) Solikin M. Juhro cukup optimistis, dolar tidak akan mencapai Rp 13.000. Ia menilai awal tahun nanti, dolar akan kembali kepada siklus awalnya, di kisaran Rp 11.000.


"Nggaklah, nggak akan sampai (Rp13.000/US$). Ini awal-awal tahun ada penyesuaian-penyesuaian kembali ke siklusnya," ungkap Solikin usai menghadiri seminar Internasional di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Kamis (5/12/2013).


Ia menilai, saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih dalam tahap wajar. Artinya, pergerakannya sesuai dengan kondisi fundamental perekonomian Indonesia. Sebab, nilai tukar akan menguat jika fundamental ekonominya menguat.


"Nilai tukar rupiah masih oke-oke saja. Sesuai dengan kondisi fundamental. Kalau fundamental kuat nilai tukar mengikuti," sebutnya.


Menurutnya dari kebijakan yang ada saat ini dari BI maupun pemerintah, pasar cukup memberikan respons baik. Akan tetapi, meski demikian, harus ada kehati-hatian dalam ke depannya. "Pasar sudah mulai adjust (penyesuaikan). Waspada tetap," tegasnya.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!