BRI Mau Beli Bank Mutiara Asal Urusan Hukumnya Beres Dulu

Jakarta -PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mengaku telah menyatakan minatnya untuk membeli PT Bank Mutiara Tbk (BCIC). Pihaknya telah menyampaikan pendaftaran langsung kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) selaku pemegang saham eks Bank Century tersebut.

"Sudah daftar. Dari awal iya masukin. Persetujuan dari saya sudah dari kemarin," kata Direktur Utama BRI Sofyan Basir saat ditemui di Gedung BRI, Jakarta, Rabu (23/4/2014).


Namun, Sofyan mengaku, pernyataan minat tersebut bisa berlanjut ke tahap berikutnya apabila masalah-masalah hukum yang tengah dihadapi Bank Mutiara sudah bisa diselesaikan.


"Masa saya beli dari anda nggak meriksa dulu. Kalau beres, masalah-masalah hukum sudah nggak ada, baru bisa. Kita lihat hasil laporan BPK, makanya semua itu kita masih bicara minat," ujarnya.


Sofyan menjelaskan, sebelum menyatakan minat, pihaknya tengah melakukan diskusi bersama Bank Indonesia (BI) terkait hal ini. Sofyan mengaku, pihaknya masih mengkaji niatan tersebut.


"Pernah diskusi bareng BI. Kalau memang semua angkanya menarik buat kita, kita ambil. Kan gini kemarin kan saya dengar banyak tawaran harga agak lebih miring, jadi daripada opportunity hilang ya kita pasang saja dulu ya siapa tahu kalau dijual murah kan nanti kita due diligence dulu 3 bulan, kita punya waktu 3 bulan untuk due diligence," tandasnya.


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!