Muatan Kapal Elpiji Terbesar Dunia Pertamina Setara 14 Juta Tabung 3 Kg

Ulsan -PT Pertamina (Persero) baru saja meresmikan pergantian nama kapal Very Large Gas Carrier (LVGC) menjadi Pertamina Gas 2. Kapal pegangkut elpiji ini paling besar di dunia dengan kapasitas 84.000 meter kubik.

New Ships Project Coordinator Shipping Pertamina Pratomo Setyohadi mengatakan, dengan kapasitas 84.000 meter kubik, bila disalurkan ke tabung elpiji, maka setara 14,280 juta tabung elpiji ukuran 3 kg.


"Jadi 84.000 meter kubik tersebut dikalikan berat massa jenis gas 0,51 kg, kemudian hasilnya dibagi ukuran tabung. Jika ukuran 3 kg maka bisa jadi 14,280 juta tabung. Kalau ukuran 12 kg maka bisa mengisi 3,57 juta tabung," kata Pratomo ditemui di galangan kapal Hyundai Heavy Industries, Ulsan, Korea Selatan, Rabu (23/4/2014).


Pratomo menambahkan, kapal Pertamina Gas 2 ini menjadi yang terbesar, karena kapal elpiji saat ini paling tinggi dikisaran 80.000-82.000 meter kubik.


"Sistemnya gas elpiji dibekukan agar menjadi cair, dengan begitu bisa mengangkut elpiji 600 kali lebih banyak daripada sistem elpiji yang di-pressure (ditekan)," ungkapnya.


Ia menambahkan lagi, jika menggunakan sistem elpiji ditekan, maka tekanan gas akan sangat kuat mencapai 18 bar, sehingga dibutuhkan lapisan baja setebal 5 cm, sementara jika dibekukan -46 derajat, tekanan hanya 0,25 bar dan hanya membutuhkan lapisan tabung setebal 1 cm. Sehingga gas yang diangkut jauh lebih banyak.


"Pencairan elpiji yang dibekukan -46 derajat juga tidak mudah, hanya dengan air laut, karena air laut di Indonesia suhunya mencapai 32 derajat, ilustrasinya ada dua pipa yang berdempetan, satu mengalirkan elpiji pipa satunya mengalir air laut," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!