Dari Boneka Hingga Lukisan Jadi Karya Para Napi di Indonesia

Jakarta -Terali besi bukan jadi halangan bagi seorang untuk berkreasi dan menciptakan produk bernilai ekonomi. Para narapidana (Napi) di seluruh Lembaga Permasyarakatan (LP/Lapas) dapat membuktikannya.

Mulai hari ini, Selasa (22/4/2014) produk-produk Napi di LP seluruh Indonesia dipamerkan di Plasa Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Jl Gatot Subroto, Jakarta. Banyak produk unggulan hasil keringat Napi yang memiliki nilai produk yang tinggi.


"Saya harapkan nantinya hasil produk lapas akan dapat menjadi salah satu unggulan di pasar domestik," kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Euis Saedah di acara pembukaan pameran produk hasil lapas di Plasa Kemenperin, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Senin (22/4/2014).


Gelaran pameran ini salah satu dari sedikitnya sarana untuk pemasaran produk hasil karya para Napi. Pasar produk Napi tidak sama dengan produk-produk yang dipasarkan di luar LP.


"Makanya dengan media pameran ini, biasanya ada buyers yang datang, bisa dikenal juga," jelas Sekretaris Ditjen IKM Busharmaidi.


Beberapa produk yang dijual di pameran yang digelar dari 22-26 April 2014, antaralain anyaman, lukisan, kerajinan tangan, pakaian, makanan, boneka, dan produk bernilai lainnya. Harganya juga variatif, mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah.


Pemerintah berharap, semakin banyak fasilitas untuk memasarkan produk-produk lapas ini. Acara ini memang bukan pertama, sebelumnya sudah berlangsung di Plasa Kemenperin.


"Sekarang pangsa pasarnya masih domestik. Tapi bukan tidak mungkin kalau ada pameran kayak gini, ada buyer eksportir yang beli," kata Busharmaidi.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!