Kapal Elpiji Terbesar Milik Pertamina Berbendara Panama, Kenapa?

Ulsan -Kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) milik PT Pertamina (Persero) yang dipesan dari Hyundai Heavy Industries, Korea Selatan berbendera Panama. Untuk bisa masuk ke Indonesia pada 14 Mei 2014, akan ada proses reflagging atau pergantian bendera Panama ke Indonesia di Singapura.

Hal ini sama juga pada saat kapal VLGC pertama yang dimiliki Pertamina dengan nama Pertamina Gas 1 saat masuk ke Indonesia pada 17 September 2013 lalu. Kenapa benderanya harus Panama?


Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan, tujuan berbendera Panama agar bisa diterima oleh seluruh pelabuhan di dunia.


"Apakah itu pelabuhan di negara lain, atau perusahaan minyak yang beroperasi di Indonesia seperti BP, Exxon dan lainnya, karena mereka punya standar internasional, jadi kapal kita harus memiliki klasifikasi internasional juga," ujar Hanung ditemui di galangan kapal Hyundai Heavy Industries, Ulsan, Korea Selatan, Rabu (23/4/2014).


Hanung mengatakan, pemberi klasifikasi di Panama sekelas Lloyd's, sedangkan di Indonesia ada yang namanya Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Namun BKI klasifikasinya belum bertaraf internasional, jadi bisa saja kapal ditolak di beberapa pelabuhan internasional.


"Bukan berarti kami tidak nasionalis, ini soal kepraktisan, kami tidak mau bertaruh jika saat kapal harus berlabuh tapi ditolak, apalagi kapal ini harus melakukan pelayaran internasional untuk mengangkut gas baik dari produsen gas maupun kembali ke Indonesia membawa gas," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!