Jalur Kereta Api Trans Sulawesi Mulai Dibangun

Makassar -Pertama kali dalam sejarah Indonesia, Pulau Sulawesi bakal dibangun jaringan kereta api. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung dan Menteri Perhubungan EE Mangindaan meresmikan dimulainya proyek tersebut.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwiatmoko mengatakan, dimulainya pembangunan ini bertepatan dengan peringatan 150 tahun hari perkeretaapian.


"Ini merupakan sejarah baru, ini pertama kali yang dilakukan di luar Pulau Jawa dan Sumatera. Pembangunan ini bertepatan 150 tahun perkeretaapian di Indonesia" kata Hermanto saat groundbreaking Kereta Trans Sulawesi, di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (12/8/2014).


Hermanto mengatakan, tahun depan proyek ini akan mulai dilakukan pembangunan tubuh baan atau badan jalur kereta sepanjang 145 km.


"Biaya Rp 9,6 triliun dan kita bisa selesaikan dalam 3-4 tahun asal pembebasan lahannya lancar," katanya.


Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyebutkan, ini bukanlah sebuah proyek melainkan peradaban baru untuk kawasan Indonesia Timur.


"Ini merupakan peradaban baru," katanya.


Proyek ini akan dibangun dari Makassar-Parepare sepanjang 145 km. Namun tahap awal karena lahannya belum semua terbebaskan, proyek akan dibangun sepanjang 30 km.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!