Cerita Keluarga yang Kesulitan Mencari Rumah Murah di Bekasi Kota

Jakarta -Tidak sedikit pengunjung pameran rumah murah yang diselenggarkan Kementerian Perumahan Rakyat di Bekasi Junction kecewa, karena kesulitan mencari rumah murah yang ideal berlokasi di jantung Kota Bekasi.

Contoh saja keluarga Januar. Keluarga kecil ini mengaku mencari rumah dengan harga terjangkau di daerah Jatiasih dan Kota Bekasi. Sayangnya hal itu tidak ditemukan di pameran rumah murah hari ini.


"Sulit memang mencari rumah murah di Kota Bekasi, adanya di pinggiran kabupaten," kata Januar kepada detikFinance, saat ditemui di pameran rumah murah, Mal Bekasi Junction, Sabtu (27/09/2014).


Januar mengungkapkan, harga pasaran rumah di Jatiasih dan Kota Bekasi saat ini Rp 300 juta sampai Rp 400 juta. Sedangkan harga hunian di kabupaten Bekasi rata-rata sudah mencapai Rp 120 juta.


Januar yang berprofesi sebagai pedagang mengaku berat membeli rumah dengan harga yang cukup tinggi, karena mempunyai keuangan yang terbatas.


"Pekerjaan saya sebagai pedagang warung saja. Uang saya cukup terbatas ingin membeli hunian dengan harga di kisaran Rp 110 juta tetapi tidak dapat," imbuhnya.


Januar sedikit sumringah saat seorang marketing dari salah satu perusahaan pengembang nasional (developer) berteriak menawarkan rumah murah Rp 88 juta. Sayangnya lokasi yang ditawarkan pengembang tersebut cukup jauh yaitu di Serang, Banten.


"Ada yang nawar Rp 88 juta tetapi lokasi di Serang. Awalnya senang ada rumah murah ternyata lokasinya di ujung. Saya kembalikan lagi brosurnya," katanya.


Ia berharap betul, pemerintah dalam hal ini Kemenpera bisa mendengar aspirasi masyarakat berpenghasilan rendah seperti dirinya. Kemenpera diminta lebih banyak menyediakan rumah dengan harga murah dan terjangkau.


"Pemerintah saya harap pro terhadap rakyat kecil menyediakan rumah murah dan terjangkau," keluhnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!