Kecelakaan di Tambang Emas Freeport, 4 Pekerja Meninggal

Jakarta -Pada hari ini kecelakaan kerja kembali terjadi pada tambang emas Freeport di Papua. Kecelakaan yang terjadi pagi tadi menelan 4 korban jiwa.

VP Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Daisy Primayanti mengatakan, kecelakaan terjadi pukul 07.24 WIT tadi, di salah satu tambang emas terbesar dunia ini.


"Terjadi kecelakaan tambang yang melibatkan satu unit kendaraan ringan untuk kegiatan operasi jenis Toyota yang berisi 8 orang penumpang dan satu orang pengendara, dengan satu unit Haul Truck (Truk Tambang CAT 785) yang dikendarai satu orang operator, di lokasi jalan Tambang Terbuka Grasberg PT Freeport Indonesia (PTFI)," kata Daisy dalam keterangannya, Sabtu (27/9/2014).


Setelah insiden terjadi, Daisy mengatakan, Tim Tanggap Darurat Grasberg Mine Rescue segera diterjunkan untuk memberikan pertolongan dan melakukan proses evakuasi.


Dari 9 orang yang ada di kendaraan ringan, sebanyak 5 orang pekerja tambang telah diselamatkan dan dievakuasi di Rumah Sakit Tembagapura dalam kondisi selamat. Sementara 4 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia dan telah dibawa ke Rumah Sakit Tembagapura.


Demi keselamatan kerja, aktivitas di Tambang Terbuka Grasberg saat ini dihentikan sementara untuk kegiatan konsolidasi dan proses investigasi.


"Freeport telah melaporkan insiden ini kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Keluarga besar PT Freeport Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. Doa kami menyertai Almarhum yang telah menjadi bagian Keluarga Besar PTFI dan keluarga yang ditinggalkan," jelas Daisy.


Sebelumnya pada 12 September 2014 lalu, kecelakaan juga terjadi pada tambang bawah tanah Freeport di Papua. Ada 1 korban jiwa dari tragedi tersebut.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!