Ini Kriteria Menteri Perumahan Rakyat Idaman Pengembang

Jakarta -Tak lama lagi, Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan dilantik dan resmi menjadi presiden Indonesia dan wakil presiden. Duet ini dikabarkan tengah mencari nama-nama yang cocok untuk mengisi posisi di kabinet 2014-2019.

Kalangan pengembang memiliki kriteria khusus sosok seperti apa yang pas sebagai Menteri Perumahan Rakyat. Seperti apa kriterianya?


"Pertama dia harus berani," kata Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman (Apersi) Fuad Zakaria saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Kamis (25/9/2014).


Fuad mengatakan, berani di sini adalah berani mengambil kebijakan strategis dan keputusan-keputusan terkait persoalan perumahan rakyat.


Hal lain, lanjut Fuad, menteri nanti baiknya dari kalangan yang tahu seluk-beluk perumahan. Tak cukup hanya pengalaman, tapi juga tahu semua masalah yang ada di sektor perumahan saat ini.


"Dia punya ide untuk permasalahan itu," katanya.


Selain itu juga, Fuad menambahkan, sosok Menteri Perumahan Rakyat nanti haruslah orang yang suka bekerja keras tanpa pamrih. Karena semua yang dilakukannya bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk negara.


"Kalau kerja keras lobi kanan-lobi kiri itu nggak ada duitnya. Makanya jangan pamrih. Kalau dia pamrih itu kan nggak ada jalannya, karena memang nggak ada duitnya. Gaji menteri juga kecil, harusnya pengabdian lah," tegasnya.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!