Harga Tanah Rp 1 Juta/M2, Sulit Sediakan Rumah Murah di Kota Bekasi

Bekasi -Harga rata-rata rumah di Kota Bekasi, Jawa Barat cukup tinggi bisa mencapai Rp 500 juta per unit. Hal ini dikeluhkan banyak masyarakat terutama yang belum memiliki hunian.

Rizki, Marketing dari pengembang perumahan Gramapuri Persada beralasan, mahalnya harga unit hunian karena harga tanah di Kota Bekasi cukup tinggi.


"Di kota Bekasi harga tanahnya sudah mahal. Sulit bagi rumah subsidi untuk masuk," kata Rizki saat ditemui detikFinance, di pameran rumah murah Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), Bekasi Junction, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/9/2014).


Menurut Rizki saat ini harga tanah di Kota Bekasi berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per meter persegi. Dengan harga tanah yang cukup tinggi, paling rendah harga hunian di Kota Bekasi mencapai Rp 300 juta.


"Oleh karena itu banyak pengembang termasuk kita sekarang lebih menyasar ke kabupaten Bekasi dimana harga tanah masih cukup murah di bawah Rp 500 ribu per meter persegi atau bahkan ada yang Rp 100 ribu per meter persegi," paparnya.


Dengan begitu para pengembang bisa menyediakan rumah murah bersubsidi khususnya kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).


"Salah satunya kita tawarkan salah satu produk kami dengan tipe 30 luas tanah 72 meter persegi dengan 1 kamar tidur, 1 kamar mandi dan ruang tamu harganya Rp 120 juta per unit. Letaknya 10 menit dari kota Cikarang yaitu di Desa Sukajaya, Cibitung, Bekasi," jelasnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!