Ini Perkembangan Terbaru Tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya

Jakarta -Pemerintah tengah mengebut proyek jalan tol Trans Jawa yang beberapa ruasnya masih dalam proses pembebasan lahan. Bagaimana perkembangannya?

Ruas jalan tol Trans Jawa terbagi menjadi 9 yang menghubungkan Cikampek hingga Surabaya yang total panjangnya mencapai 705 km. Pembebasan lahan yang sudah selesai hanyalah ruas Cikampek-Palimanan dan konstruksinya ditargetkan rampung kuartal II-2015.


Ruas lain, yaitu Pejagan-Pemalang, baru terbebaskan 177,5 hektar dari 493 hektar total lahan yang dibutuhkan, atau setara 36%. Seksi I ruas ini telah dibebaskan 98,87% dan Seksi II telah dibebaskan 97,98%.


"Yang Seksi III dan IV masih belum bergerak. Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sudah konstruksi," kata Kepala Seksi Pengadaan Lahan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Sri Sadono kepada detikFinance, Jumat (26/9/2014).


Kemudian lahan di ruas Pemalang-Batang baru terbebaskan 5,2 hektar dari 279 hektar total lahan yang dibutuhkan. Persentasenya baru 1,86%.


Berlanjut ke ruas Batang-Semarang sepanjang 75 km, lahannya baru terbebaskan 22,2 hektar. Masih jauh dari total luas lahan yang harus dibebaskan yaitu 666 hektar.


Sri mengatakan, ruas selanjutnya yaitu Semarang-Solo terbagi menjadi Semarang-Bawen yang mencapai 98,73%, Bawen-Salatiga 71%, dan Salatiga-Boyolali yang baru 9,06%.Next


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!