Tahun Depan Samsung Sudah Produksi Ponsel di Indonesia

Jakarta -Samsung Electronics Co Ltd dipastikan memproduksi telepon seluler (ponsel) di Indonesia mulai tahun depan. Namun, perusahaan asal Korea Selatan tersebut dipastikan tidak akan membangun pabrik baru tetapi memanfaatkan pabrik yang sudah ada di Bekasi, Jawa Barat.

"Jadi, tapi dia cuma tambah line produksi saja. Selama ini kan line produksi Samsung itu baru TV, audio, kulkas, mesin cuci. Sekarang mereka tambah line produksi ponsel," kata Dirjen Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi di DPR, Jumat (26/9/2014).


Budi mengatakan saat ini Samsung masih proses pemasangan mesin di lini produksi pabrik mereka di Bekasi. Meski tak membangun pabrik baru, investasi yang digelontorkan Samsung mencapai ratusan miliar rupiah.


"Pasang mesin butuh waktu 6 bulan, ya tahun depan mereka sudah produksi ponsel di Indonesia," katanya.


Ia mengatakan saat ini banyak produsen ponsel yang akan memproduksi atau merakit produknya di Indonesia. Ia mencatat sudah ada 5-6 perusahaan yang menyatakan minat, khususnya dari Tiongkok.


"Yang sudah ada saat ini Axioo, Polytron, Smartfren, Ivo," katanya.


Selain itu, produsen ponsel lainnya yang masih dalam proses pembangunan pabrik yaitu Evercross dan Advan.


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!