Ini Daftar Kecelakaan Tambang Freeport di Papua Sejak 2013

Jakarta -Kecelakaan Kerja di tambang emas Grasberg, Papua PT Freeport Indonesia Sabtu (27/9/2014) kemarin yang menewaskan 4 pekerja, bukan yang pertama kali terjadi. Sejak tahun lalu sudah beberapa kali terjadi kecelakaan kerja di Freeport yang menelan korban luka hingga jiwa.

Pada Mei 2013, terjadi kecelakaan kerja akibat runtuhnya tambang bawah tanah Big Gossan milik Freeport di Papua yang menelan korban jiwa hingga 28 orang.


Pada waktu itu, terdapat 38 pekerja yang berada dalam ruang kelas di fasilitas pelatihan tambang bawah tanah Big Gossan saat runtuhnya sebagian terowongan pada pukul 7:30 pagi waktu setempat, tanggal 14 Mei 2013.


Belum usai masalah tersebut, di bulan yang sama tepatnya Jumat (31/5/2013), terjadi lagi kecelakaan kerja tambang bawah tanah Deep Ore Zone (DOZ) di Tembagapura milik Freeport.


Akibat insiden tersebut satu orang pekerja yakni sopir truk meninggal dunia.


Akibat insiden-insiden tersebut, pemerintah memutuskan untuk menutup dan menghentikan aktivitas tambang Freeport di Papua hingga selesainya investigasi terkait insiden kecelakaan.


Kemudian pada 12 Juni 2013, induk usaha PT Freeport Indonesia yakni Freeport-McMoran Copper & Gold di AS juga mengumumkan status force majeure setelah tambangnya di Grasberg, Papua yang setop beroperasi selama hampir sebulan.Next


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!