1 Juta Liter Solar Subsidi di Papua Rencananya akan Dijual ke Kapal Asing

Jakarta - Ditpolair Baharkam Polri dan Ditpolair Polda Papua berhasil mengamankan 1 juta liter BBM subsidi jenis solar yang diduga kuat hendak di jual ke kapal asing.

"1.000.000 liter BBM subsidi jenis solar berhasil diamankan dari upaya penyalahgunaan BBM subsidi di Papua oleh Ditpolair Baharkam Polri dan Ditpolair Polda di Papua," kata Direktur BBM Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Djoko Siswanto kepada detikFinance, Jumat (22/3/2013).


Dikatakan Djoko, BBM subsidi jenis solar tersebut diduga kuat akan di jual ke kapal asing. "Solar subsidi tersebut diduga akan di jual ke kapal asing tetapi keburu ketangkap," ucapnya.


Sementara BBM jenis solar sebanyak 1 juta liter tersebut di dapat melalui pembelian BBM subsidi hampir semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). "Pelakunya yang terlibat dari kapal-kapal kayu yang membeli minyak dari beberapa orang masyarakat yang beli BBM bersubsidi di hampir semua SPBU," ucap Djoko.


Ditambahkan Djoko, setelah itu masyarakat tersebut menampung dan jual ke kapal-kapal kayu yang menampungnya. "Kapal-kapal kayu akan jual ke kapal asing, tapi keburu ketangkap," tandasnya.


(rrd/hen)