Bos Perumnas Klaim Harga Rusunami Kemayoran Rp 144 Juta, Termurah di Dunia

Jakarta - Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengklaim harga rumah susun hak milik (rusunami) Kemayoran adalah yang termurah di dunia. Harga per unit rusunami Kemayoran adalah Rp 144 juta.

"Adanya surat Menteri Keuangan terhadap harga jual yang seharusnya bisa mencapai Rp 216 juta/unit, saat ini hanya Rp 144 juta, dan ini merupakan rusunami termurah di Indonesia dan dunia," katanya saat membuka acara pemancangan tiang pancang perdana atau groundbreaking rusunami di Kemayoran, Jakarta, Kamis (21/3/2013).


Hari ini, Perum Perumnas melakukan groundbreaking membangun tower A4 dan A5 rusunami Bandar Kemayoran. Rusunami ini menurut rencana akan menyediakan 512 unit hunian yang dijual dengan harga khusus, di mana unit tersebut memiliki 1 kamar tidur, 1 ruang keluarga, dan kamar mandi. Sedangkan 122 unit komersial tidak dijual tetapi akan disewakan sebagai subsidi silang pengelolaan rusun.


"Sarana seperti lift, genset akan kami sempurnakan. Dalam satu unitnya ada kamar tidur, ruang keluarga, dapur. Jadi agar unit yang ada agar lebih baik. Kemudian desain plafon juga akan terus kita perbaiki terutama koridor yang kita rencanakan sebesar 1,8 meter persegi dengan dilengkapi 3 lift (2 lift penumpang dan 1 lift barang) serta tangga darurat," imbuhnya.


Untuk itu, dengan harga yang murah dan fasilitas yang lengkap, Perum Perumnas akan membuat tim verifikasi untuk memilih calon pembeli yang tepat. "Dari sekarang dan kami harus selektif memilih caon pembeli dan kita buat tim verifikasi," jelasnya.


Sementara itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengucapkan selamat kepada calon pembeli karena bisa mendapatkan rusunami yang mempunyai keistimewaan terutama lokasi yang premium.


"Bisa melihat laut dan lapangan golf. Selamat kepada penghuni karena meendapatkan lokasi yang istimewa. Dalam waktu 10 bulan ini sudah harus jadi, saya sudah perintahkan Hutama Karya," cetusnya.


(wij/dnl)