Agus Marto: Target Penerimaan Pajak Rp 1.193 T di 2013 Cukup Berat

Jakarta - Pemerintah menargetkan penerimaan perpajakan sebesar Rp 1.193 triliun tahun 2013 atau naik 21,7% dibandingkan realisasi tahun 2012. Inipun dianggap cukup berat sebab ekonomi dunia yang masih belum stabil.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Agus Martowardojo dihadapan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono saat acara Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) untuk Tahun Pajak 2012 di Aula Mezzanine Gedung Kemenkeu Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2013).


"Tahun 2013 target Rp 1.193 triliun. Suatu peningkatan 21,7% dibanding realisasi 2012. Sementara ekonomi dunia yang belum pulih, target ini merupakan hal yang cukup berat. Namun, dengan kmitmen yang tinggi penerimaan akan dicapai," ujarnya.


Ia menuturkan beberapa langkah-langkah yang dilakukan Kemenkeu untuk capaian target tersebut. Pertama adalah terkait regulasi yang diarahkan untuk meraup pajak yang lebih besar.


"Kedua adalah perbaikan sistem atau perubahan administrasi untuk pajak pertambahan nilai (PPN) melalui sistem online," sebutnya.


Selanjutnya adalah upaya optimalisasi berbagai pihak, baik itu instansi pemerintah maupun swasta untuk menyerahkan data perpajakan.


"Kemudian adalah penguatan program ekstensifikasi, penerapan metode berbasis resiko dan penyempurnaan aspek pajak internasional," paparnya.


Agus menilai, ikut sertanya Presiden, Wakil Presiden dan pejabat pemerintahan untuk menyerahkan SPT di Kementerian Keuangan dapat menjadi panutan masyarakat.


"Untuk laporkan SPT di Kemenkeu merupakan ketaatan penyelenggaraan negara dalam lakukan kewajibannya dan menjadi panutan di Indonesia," sebut Agus.


(dru/dru)