Indonesia-China Perkuat Kerjasama Ekonomi

Jakarta - Indonesia dan China berencana memperkuat kerjasama bilateral di bidang ekonomi perdagangan, investasi dan periwisata. Kedua negara sepakat menggelar Marketing Investasi Indonesia (MII) dan Forum Investasi CABC secara paralel pada tanggal 3 Juli 2013 di Beijing.

Pada Jumat 22 Maret 2013 waktu setempat, Duta Besar RI untuk RRT dan Mongolia, Imron Cotan dengan Sekretaris Jenderal CABC, Xu Ningning, telah melakukan pertemuan di kantor Sekretariat China ASEAN Business Council (CABC) seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (23/3/2013).


Kedua pihak sepakat, untuk terus menjaga momentum peningkatan volume perdagangan RI-China dan menghindari terjadinya defisit terus menerus di salah satu pihak sekaligus meningkatkan jumlah investasi China ke Indonesia.


Selain itu, keduanya juga mengupayakan pencapaian target kunjungan 1 juta wisatawan China ke Indonesia pada tahun 2013.


Demi mencapai tujuan yang telah disepakati tersebut, KBRI di Beijing dan CABC akan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan promosi terpadu dan mengundang lebih banyak lagi para pelaku usaha serta meningkatkan kerjasama antar asosiasi pengusaha di kedua negara.


Penyelenggaraan kegiatan yang terkoordinasi dan dilaksanakan secara bersama diharapkan dapat lebih mengefisiensikan penyelenggaraan serta memperbanyak kehadiran para pelaku usaha dan investor China di Indonesia.


Selain MII dan Forum Investasi CABC, juga akan diselenggarakan Tourism, Trade and Investment (TTI) yang diselenggarakan KBRI Beijing di 6 (enam) kota selama tahun 2013. Dalam acara itu akan diundang ketua dan pengurus asosiasi usaha dan industri guna mendorong kerjasama antar asosiasi.


Sementara itu, terkait dengan upaya untuk mengurangi defisit neraca perdagangan Indonesia dengan Tiongkok, CABS akan mefokuskan dan menonjolkan kegiatan promosi yang terkait dengan ‘brand image’ produk-produk Indonesia. Secara rutin ‘brand image’ Indonesia tersebut akan dipublikasikan oleh CABC dan disebarluaskan ke masyarakat Tiongkok.


(ang/ang)