3 Taipan Indonesia Keroyok Proyek Wisata Mandalika Lombok

Jakarta - Proyek Kawasan Pariwisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) digarap bersama oleh 3 investor swasta dalam negeri. Investor tersebut adalah MNC Group milik Pengusaha Hary Hary Tanoesoedibjo, Gobel Grup milik pengusaha Rachmat Gobel dan Rajawali Group milik pengusaha Peter Sondakh.

"Sudah ada 3 investor. Jadi MNC Group yang berpartner dengan Clubmed. Kemudian Gobel group dan Rajawali group. Rajawali memang awalnya sudah disitu. 3 investor itu sudah investasi Rp 4 triliun," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (26/7/2013)


Menurut Mari, Mandalika memiliki potensi wisata yang besar. Namun sangat disayangkan, saat ini baru ada 1 hotel di wilayah tersebut.


"Potensial pariwisata besar. Tapi sekarang belum ada apa-apa disana, beda dengan Tanjung Lesung. Cuma baru ada satu hotel, padahal lihat dari sisi pantai dan keindahan alamnya," ujar Mari.


Selain itu, Mandalika secara infrastruktur tidak terlalu buruk. Sebab, lokasinya dekat dengan bandara dan ruas jalan sudah tersedia.


"Dia dekat Airport. Airportnya sudah ada jalannya sudah ada. Yang harus dibangun adalah infrastrukturnya dan mematangkan blueprint yang akan dikembangkan tahap pertama adalah Resorts. jadi nanti ada dua tahap. Ini tahap pertama," sebutnya.


Mandalika ke depan diharapkan juga segera ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Menurut Mari saat ini sedang diselesaikan studi kelayakan (feasibility study/FS).


"Mandalika yang juga sudah hampir rampung, tinggal masalah bagaimana kita menyelesaikan studi kelayakan ekonomi dan finansial nya, dalam arti itu kan area 1.000 hektar lebih, perencanaan dan pengembangannya itu nanti secara detail seperti apa," kata Mari.


(hen/hen)