Rp 20 Miliar Dana Nasabah Patungan Usaha Disimpan di Rekening Yusuf Mansur

Tangerang - Dana yang terkumpul di Patungan Usaha (PU) milik Ustadz Yusuf Mansur sudah mencapai Rp 20 miliar dari sekitar 2.000 nasabah. Di manakah dana-dana ini di simpan?

Customer Service PU Robby Cahyadi menyebutkan, dana-dana yang diperoleh dari hasil PU jamaah seluruhnya disimpan di rekening atas nama Ustadz Yusuf Mansur.


"Dananya disimpan di rekening Ustadz di bank. Kita belum ada PT dan sebagainya jadi harus pakai nama itu. Karena kan jamaah biar percaya kalau ini beneran PU atas nama Ustadz," ujarnya kepada detikFinance, di Kantor PU Ustadz Yusuf Mansur, di Ciledug, Tangerang, Jumat (26/7/2013).


Dia menjelaskan, selama ini investor yang ikut berpartisipasi dalam PU ini banyak yang bertransaksi melalui sambungan telepon, ada pula yang langsung datang ke kantor untuk ikut berinvestasi.


"Ada yang datang ada yang by phone tapi kebanyakan by phone karena lebih mudah lebih gampang," katanya.


Biasanya dari mereka selain menanamkan uangnya untuk berinvestasi, hal lain yang juga dilakukan adalah sambil ikut berdakwah.


"Mereka ya nggak hanya investasi ya tapi biasanya dakwah juga bareng-bareng dakwah karena kan ini untuk umat juga," kata Robby.


Sebelumnya, Yusuf pernah berkata bahwa uang yang terkumpul sudah mencapai Rp 20 miliar. Hal itu ia kemukakan setelah melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) soal bisnis investasinya pekan lalu.


"Saya diberitakan (mengumpulkan) ratusan miliar, saya bilang amin. Senang kan, bisa dipercaya orang. Sekitar Rp 20 M-an," katanya.


Dana Rp 20 miliar itu digunakan membangun Hotel Siti, di Cengkareng, Banten, sebagai wahana transit jamaah haji dan umroh. Setelah melapor, Yusuf mengklaim OJK merestui langkahnya, hanya saja, beberapa aspek legalitas wajib dipenuhi.


(ang/ang)