Cegah Terjebak Macet Jalur Mudik, Mobil Tangki Pertamina Dikawal Polisi

Jakarta - Memasuki musim mudik, mobil-mobil tangki BBM dan Elpiji Pertamina akan dikawal polisi. Hal ini untuk menembus padatnya kemacetan di jalur Pantura saat pendistribusian BBM dan Elpiji.

General Manager Fuel Retail Marketing Pertamina Region III Hasto Wibowo mengungkapkan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya ketika arus mudik, mobil tangki BBM kesulitan menembus kemacetan yang sangat parah.


"Bahkan hanya untuk memutar balik jalur, itu memakan waktu hingga 3 jam lebih, kita sudah identifikasi ada 12 titik jalan putar balik yang harus dilalui, itu kami minta kerjasama dengan pihak kepolisian," ujar Hasto ketika ditemui di Terminal BBM Plumpang, Minggu (28/7/2013).


Dikatakan Hasto, nantinya mobil tangki oleh pihak kepolisian akan dikawal polisi, selain menembus kemacetan juga untuk mendapatkan izin jalur yang ditutup bisa dibuka 1-2 menit agar mobil tangki bisa puter balik arah.


"Tidak hanya itu, dalam kondisi yang macet parah dan distribusi BBM harus segera mungkin kami bekerjasama dengan pihak kepolisian agar menerapkan contra flow (lawan arah) khusus mobil tangki BBM Pertamina," ucapnya.


Menurutnya jika sudah ada kerjasama dengan pihak Polri, pihaknya optimis tak akan terulang sulitnya pendistribusian BBM dan elpiji seperti kejadian tahun lalu.


"Giliran mau minta kerjasama, telepon ke Kapolsek atau Polres setempat, selalu membutuhkan waktu lama karena ketika minta izin Kapolres atau Kapolseknya harus minta izin kembali ke Kapoldanya, proses ini memakan waktu lama 1-2 jam, kali ini kami minta disposisi langsung agar Kapolsek dan Kapolres bisa segera memberikan izin tanpa harus tanya lagi ke Kapoldanya," ucap Hasto.


(rrd/hen)