Proyek Tol Lingkar Jakarta II Gusur Banyak Komplek Perumahan Elit

Jakarta - Proyek pembangunan jalan tol lingkar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road II umumnya masih dalam tahap pembebasan lahan. Terkait pembebasan lahan tersebut, banyak komplek perumahan termasuk perumahan elit kena gusur.

Misalnya JORR II untuk ruas tol Cibitung-Cilincing, ruas tol sepanjang 33 kilometer ini melewati beberapa kawasan perumahan. Dalam proses sosialisasi dan inventarisasi pembebasan lahan, diperkirakan ada 8 perumahan akan tergusur oleh proyek ini.


"Cibitung-Cilincing, ada 8 perumahan, selain itu panjangnya juga 33 kilometer," kata Kasubdit Pengadaan Lahan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Herry Marzuki kepada detikFinance akhir pekan lalu.


Sampai saat ini belum ada lahan yang dibebaskan untuk persiapan proyek tol Cibitung Cilincing. Herry memperkirakan ada sekitar 197 hektar yang perlu dibebaskan demi kelancaran pembangunan proyek yang termasuk ke dalam JORR II ini. Menurutnya pembebasan lahan akan dimulai dari bidang-bidang dan bangunan yang terkecil.


"Kita cari yang paling rendah dulu. Ini belum nginjak ke perumahan, jadi kita yang kecil dulu," katanya.


Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PU Achmad Ghani Ghazali mengungkapkan, perumahan elit di kawasan Depok yakni, Pesona Khayangan masuk ke dalam trase pembangunan ruas tol Cinere-Jagorawi (Cijago) yang pembebasan lahannya sudah mencapai 47%.


"Kemarin ada tanah di Pesona Kayangan, apa sudah beres apa belum saya nggak tahu tapi proses jalan terus, proses negosiasi harga jalan terus," kata Ghani.


Ghani juga mengatakan, hampir semua ruas tol JORR II memakan lahan komplek perumahan. "Banyak. Kompleks perumahan itu banyak kalau di JORR II itu, semua mulai dari Cengkareng sampai Cilincing itu pasti melewati kompleks perumahan," katanya.


Misalnya di seksi Serpong-Cinere, beberapa perumahan juga bakal kena gusur seperti perumahan di kawasan Pamulang-Ciputat, hingga perumahan di Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan.


Jaringan JORR II menghubungkan Bandara Soekarno Hatta-Kunciran-Serpong-Cinere-Jagorawi-Cibitung-Cilincing-Tanjung Priok. Meliputi, untuk sisi barat antaralain ruas tol Cengkareng-Kunciran sepanjang 15,2 Km investasi Rp 3,49 triliun, Kunciran-Serpong sepanjang 11,2Km investasi Rp 2,62 triliun, ruas Serpong-Cinere 10,14 Km investasi Rp 2,21 triliun, Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 Km investasi Rp 3,17 triliun.


Kemudian sisi timurnya ada tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,4 km investasi Rp 4,5 triliun, Cibitung-Cilincing sepanjang 34,5 km dengan investasi Rp 4,22 triliun. Saat ini yang sudah selesai dibangun dan dioperasikan adalah tol Jagorawi-Cimanggis sepanjang 3,4 Km.


(zul/hen)