Dorong Konsumsi BBG, Pertamina Bangun 3 SPBG di Bali

Jakarta - PT Pertamina (Persero) membangun tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Liquefied Gas Vehicle (LGV) di Bali, untuk memperbanyak infrastruktur pengisian kendaraan berbahan bakar gas (BBG).

"Pertamina telah menyelesaikan pembangunan 3 SPBG untuk LGV di Bali," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/9/2013).


Tiga SPBG tersebut ditargetkan dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar untuk 2.000 unit kendaraan yang masuk dalam program konversi BBM ke BBG.


"Kendaraan operasional dan dinas Pemprov Bali saat ini secara bertahap akan dipasangi converter kit yang jumlahnya sebanyak 2.000 unit kendaraan, diharapkan ketiga SPBU LGV ini dapat memenuhi kebutuhan semua kendaraan tersebut," ucap Ali.


Ali menambahkan, dalam 5 tahun terakhir sejak LGV diperkenalkan pada 2008, konsumsi Vigas (nama komersil dari LGV milik Pertamina) terus meningkat rata-rata 40% per tahun.


"Dari awal konsumsi Vigas hanya mencapai 189 kiloliter (KL) per tahun, saat ini menjadi 913 KL. Tahun ini pertamina menargetkan konsumsi Vigas mencapai 1.000 KL," ungkapnya.


Khusus untuk Bali, dengan jumlah kendaraan roda empat mencapai 270.000 kendaraan, konsumsi premium tahun 2013 sampai September ini sudah mencapai 585.000 KL. Hal ini menjadikan Bali sebagai salah satu wilayah yang sangat tepat untuk pengembangan LGV.


"Dengan diluncurkannya 3 unit SPB LGV di Bali, total SPBU Pertamina yang dapat melayani penjualan Vigas mencapai 14 unit, di mana 11 di antaranya tersebar di Jakarta dan Tangerang. Pertamina berkomitmen untuk terus memperbanyak SPB LGV yang akan diselaraskan dengan permintaan akan Vigas," kata Ali.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!