Pup Tak Ikut 'Hengkang' Ke China

Jakarta - Hamilton Nolan bilang sekarang orang Amerika Serikat sudah bisa bersorak. “Sekarang orang Amerika sudah bisa bilang, yes, kami masih membuat toilet sendiri,” kata penulis di jaringan blog populer Gawker.com itu.

Nolan menyitir artikel tentang pabrik toilet yang dirilis oleh Wall Street Journal baru-baru ini. Menurutnya, itu adalah kisah yang bagus di tengah situasi perindustrian yang bikin miris. Industri otomotif nyaris mati dengan bangkrutnya kota Detroit dan industri pakaian yang pindah ke Bangladesh.


“Sayangnya, perusahaan-perusahaan toilet kami sudah dimiliki orang asing,” kata Nonan. “Tapi boleh-boleh saja orang asing mengambil banyak dari kita, setidaknya mereka tidak mengambil pup kita.” Dia bangga, orang Amerika tetap bisa pup di toilet Made in USA.


Industri toilet di Amerika menjadi contoh mikro tentang apa yang sedang terjadi di dunia perindustrian Amerika pasca hengkang besar-besaran ke luar negeri selama dua dekade terakhir. Meski kebanyakan sudah jadi milik pengusaha asing, perusahaan toilet berpendapat, berproduksi di Amerika itu menjanjikan.


Mansfield Plumbing, perusahaan toilet terbesar di Amerika Serikat, mengucurkan US$ 9 juta untuk meningkatkan kapasitas pabriknya di Perrysville, Ohio, sebesar 50 persen. Menurut eksekutif perusahaan itu, dengan meningkatkan kapasitas pabrik di dalam negeri, Mansfield bisa mengirimkan barang ke konsumen secara lebih cepat dan lebih cepat merespon preferensi konsumen.


“Dan tentu saja bisa mencantumkan label “Made in U.S.A”, yang lebih menarik bagi konsumen,” kata Jim Morando, Presiden Mansfield.


Langkah ini kemudian diikuti oleh perusahaan toilet lainnya. Toto, meski berasal dari Japan, telah mengurangi pengapalan lintas Pasifik dan lebih memusatkan manufakturnya di Amerika Serikat dan Meksiko untuk penjualan di Amerika Utara. Toto sedang menginstal mesin pengecoran yang baru, untuk meningkatkan kapasitas pabriknya di Morrow, Georgia, sampai 5 persen.Next


(DES/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!