Ajak Cucu, Dahlan Saksikan Uji Coba Monorel Kontainer Made in Madiun

Surabaya - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyaksikan uji coba mock up pengangkut kontainer otomatis (ACT) atau monorel khusus kontainer.

Uji coba tersebut dilakukan pagi ini di terminal Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Dahlan pada kesempatan ini mengajak sang cucu, Ica. Nantinya proyek monorel ini dibangun dan dikembangkan oleh konsorsium BUMN. Pada sambutannya Dahlan menilai pembangunan monorel khusus ini harus terwujud karena merupakan kebanggan bangsa.


"Ini inisatif dan pemikiran BUMN. INKA, Adhi dan LEN. Saya minta diurus dengan serius," ucap Dahlan saat menyaksikan uji coba mock up ACT di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (28/9/2013).


Menurutnya monorel ini bisa mengurai kepadatan lalu lintas yang tinggi di Pelabuhan Tanjung Perak. "Kepadatan dan kehancuran bisa dihidarkan karena jalan raya penuh trailer. Kalau ini diwujudkan ini feasible," sebutnya.


Hadir pada kesempatan itu, Direktur Utama Pelindo III Jarwo Suryanto, Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan dan Direktur Utama LEN Abraham Mose. Pada sambutannya, Jarwo menjelaskan pengembangan monorel angkutan kontainer ini masih tahap feasibility study atau uji kelayakan. Proyek monorel sepanjang 11,44 km ini, nantinya menelan biaya hingga 2,5 triliun.


"Pagi ini mudah-mudahan bisa jalan. Kita masuk tahapan 2. Aspek teknis kelayakan dan keamanan, kemudian aspek ekonomis rute stasiun yang dibangun. Rute Tanjung Perak-Margo Mulyo-Tanjung Lamong. Kalau ini feaslble, kita sama-sama bikin," sebutnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!