Ini Dia Tol yang Tarifnya Paling Murah di Indonesia

Jakarta - PT Jasa Marga Tbk merupakan BUMN operator jalan tol terbesar di Indonesia. Lebih dari 10 ruas tol di Indonesia dikelola oleh Jasa Marga, dan memiliki tarif yang bermacam-macam. Tol mana yang memiliki tarif paling murah?

Dari informasi yang dihimpun detikFinance, ruas tol termurah milik Jasa Marga adalah tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) yang memiliki tarif tol terbuka Rp 2.000. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Humas Jasa Marga Wasta Gunadi, saat ditemui di Jagorawi, Kamis (26/9/2013).


"Iya, saat ini memang yang termurah Jagorawi," kata Wasta.


Tarif tol terbuka tersebut adalah tarif untuk kendaraan golongan 1 mulai dari Cawang hingga Cibubur. Sedangkan tarif tertutup mulai dari Cibbubur hingga Ciawi dikenakan tarif Rp 7.000 untuk golongan I.


"Tarif itu belum naik, naik tahun ini. Terakhir naik tahun 2011 kemarin," lanjut Wasta.


Perhitungan tarif tersebut ditentukan berdasarkan tarif per kilometer. Karena jalan tol ini terhitung jalan tol yang sudah lama beroperasi maka perhitungan besaran tarif pun belum terlalu besar. Untuk Jagorawi, ditentukan besaran tarif Rp 125 per km.


"Berbeda dengan tol baru yang sudah Rp 600 per km. Contoh tol Bali itu tarifnya Rp 10.000. Berarti sekitar Rp 1.000/km," jelasnya.


Adapun tarif termurah untuk ruas tol ini adalah Rp 2.000 untuk yang terbuka, dan tertutup Rp 7.000 untuk Golongan I. Sedangkan yang termahal Golongan V sebesar Rp 18.500.


(zul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!