Ada Mobil Murah, Wamenhub Yakin Angkutan Umum Masih Dicari Masyarakat

Jakarta - Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono meyakini transportasi umum tidak akan ditinggalkan masyarakat walaupun ada mobil murah atau low cost green car (LCGC). Alasannya transportasi umum merupakan kebutuhan mutlak untuk masyarakat di seluruh dunia.

"Angkutan umum itu keniscayaan di semua kota, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara maju," ujar Bambang kepada wartawan di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/9/2013)


Ia mengaku telah melakukan survei di beberapa kota di Indonesia. Hasilnya secara garis besar masyarakat masih sangat membutuhkan transportasi umum.


"Kalau kita lihat dari berbagai survei di beberapa kota, kalau kita tanya apa mereka mau gunakan angkutan umum? mereka selalu jawab iya," sebutnya.


Akan tetapi, keinginan masyarakat juga diserta beberapa alasan, diantaranya transportasi umum harus aman, tanpa ada tindakan kriminal, harganya terjangkau, dan nyaman.


"Selalu ada alasan seperti tidak ada copet, aman, terjangkau dan nyaman serta handal atau jadwalnya jelas. Nyaman terakhir," pungkasnya.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!