Buka Dikit Joss! Hatta Promosikan 'Joged Caisar' di Korsel

Seoul - Joged 'Gangnam Style' asal Korea Selatan (Korsel) yang sempat mendunia ternyata membuat reaksi Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. Hatta berpendapat Indonesia tak kalah dengan Korsel urusan urusan demam joged.

Hatta bercerita saat ini Indonesia tengah 'booming' Joged Caisar. Joged yang pertama kali dibawakan oleh sosok pria bernama Caisar ini ditayangkan pertama kali oleh TransTV.


"Caisar Dance atau Joged Caisar ini tengah populer di Indonesia. Tapi belum mendunia," kata Hatta, saat merayakan Anniversary 40 Tahun Indonesia-Korea di Hotel Lotte, Seoul, Rabu Malam (25/9/2013).


Menurut Hatta, Indonesia perlu belajar ke Korea Selatan bagaimana membuat sebuah goyangan menjadi dikenal di seluruh dunia layaknya 'Gangnam Style'.


"Saya bertemu dengan Menteri Pariwisata dan mereka kooperatif sekali. Jadi kita ingin bagaimana bisa mengkombinasikan sebuah joged atau dance tadi mendunia. Goyang Caisar mendunia," kata Hatta.


"Nantinya bisa membuat kebersamaan Indonesia dan Korea Selatan terus terbina selamanya," tutur Hatta.


Memaknai Peringatan 40 Tahun Hubungan Diplomatik itu, Hatta Rajasa yang menjadi salah satu keynote speech mengatakan selama empat dasawarsa, hubungan kedua negara terus meningkat di berbagai bidang, seperti ekonomi, perdagangan, investasi, pendidikan dan kebudayaan.


Hal ini sesuai dengan Joint Declaration on Strategic Partnership to Promote Friendship and Cooperation in the 21st Century yang ditandatangani oleh kedua kepala negara pada tahun 2005. Khusus dalam bidang ekonomi, Korea adalah mitra dagang dan industri penting bagi Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan antara lain dengan peningkatan volume perdagangan Indonesia dengan Korea dari tahun 2008-2012 yang naik rata-rata 20,5 persen per tahun.


(dru/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!