Sebentar Lagi, Malaysia Punya Jembatan Tol Terpanjang di ASEAN

Jakarta - Sejak 1985 lalu Malaysia sudah punya jembatan tol terpanjang di Asia Tenggara (ASEAN) yaitu Jembatan Penang I sepanjang 13,5 km. Namun semenjak Agustus 2008 lalu, Negeri Jiran tersebut kembali memulai pembangunan Jembatan Penang II yang membentang di atas laut 16,9 Km, targetnya beroperasi November tahun ini.

Alasan pembangunan jembatan kedua yang dikembangkan oleh perusahaan Jambatan Kedua Sdn Bhd (JKSB), untuk mengatasi kemacetan di lalu lintas Jembatan Penang I. Wilayah Pulau Penang berkembang pesat semenjak adanya pembangunan jembatan tol tersebut.


"Jembatan Penang Kedua menghubungkan wilayah Batu Kawan di Semenanjung Malaysia dengan wilayah Batu Maung di Pulau Penang, saat selesai dibangun November 2013, jembatan ini akan menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara, dengan total panjang 16,9 Km," jelas pihak JKSB seperti dikutip dari jambatankedua.com.my, Jumat (27/9/2013)


Pembangunan jembatan ini tak berjalan mulus, pada 6 Juni 2013 lalu terjadi insiden runtuhnya di salah satu bagian beton di bagian konstruksi kawasan Batu Maung. Insiden ini sempat mengganggu target percepatan penyelesaian proyek yang harusnya selesai Oktober 2013.


Secara konstruksi total panjang Jembatan Penang II sejatinya mencapai 23,5 Km setelah dihitung dengan jalan tol penghubung antara wilayah Batu Kawan dan Batu Maung sepanjang 7,1 Km.


"Total perkiraan biaya konstruksi mencapai RM 4,5 miliar (Rp 15 triliun). Jembatan ini akan membuat perdagangan dan logistik lebih efisien. Juga menyediakan koneksi dan akses yang terbaik untuk mencapai Bandara Internasional Penang, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Penang," jelas JKSB.


(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!