BI Cegah Suami Istri Ambil 2 KPR Secara Bersamaan

Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan aturan baru soal kredit kepemilikan rumah (KPR), dengan memperketat KPR rumah kedua dan ketiga melalui uang muka atau down payment (DP) yang lebih besar. Dalam aturan tersebut juga diatur bahwa suami dan istri diberlakukan sebagai satu debitur untuk mencegah satu keluarga memiliki banyak KPR.

Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs menuturkan selama ini suami dan istri selalu dipisahkan sebagai debitur. Biasanya ketika rumah pertama merupakan atas nama suami maka rumah kedua atas nama istri.


"Jadi biasanya rumah pertama pakai nama suami. Nah untuk investasi rumah kedua itu diakali pakai nama istri. Sehingga bisa cicilan beberapa rumah sekaligus kan," ungkap Peter kepada wartawan di Gedung BI Jakarta, Rabu (25/9/2013)


Meskipun telah ada aturan LTV, artinya satu keluarga masih bisa melakukan cicilan rumah lebih dari satu dalam waktu bersamaan. Untuk itu, mencegah terjadinya hal tersebut, suami dan istri dihitung sebagai satu debitur.


"Terhadap debitur suami istri diberlakukan sebagai 1 debitur kecuali terdapat perjanjian pemisahan harta yang disahkan oleh notaris," jelasnya


Ini pun berlaku untuk anak, untuk setiap pengajuan yang mengatasnamakan anak, akan dilihat kemampuan anak untuk melunasi cicilan.


"Kalau misalnya disiasati dengan atas nama anak, itu juga akan diperhatikan hartanya secara individu. Misalnya dia memang secara individu bisa melunasi ya bisa, tapi kalau untuk atas nama saja, dan yang biayai adalah orang tuanya itu tidak bisa," papar Peter.


Menurut Peter, bank dapat menolak pengajuan cicilan bila ada yang sengaja mengajukan permohonan yang tidak benar. Semua kegiatan kredit properti mutlak harus mengikuti aturan BI.


"Apabila calon debitur atau nasabah tidak bersedia menyerahkan surat pernyataan sebagaimana dimaksud maka bank wajib menolakpermohonan fasilitas kredit atau pembiayaan yang diajukan," pungkasnya.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!