Atasi Byar-Pet di Sumatera, PLN Sewa Genset Selama 1 Tahun

Jakarta - Langkah darurat diambil PT PLN (persero) untuk mengatasi krisis listrik di Sumatera Utara dan sebagian wilayah Aceh, yakni dengan menyewa genset dengan total daya 150 megawatt (MW) selama satu tahun.

Direktur Operasi Listrik Jawa, Bali, dan Sumatera PLN Ngurah Adnyana mengatakan, untuk mengatasi krisis pasokan listrik PLN melakukan tender sewa genset, pemenang tender sudah ditetapkan, besok (26/9/2013), genset tersebut diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.


"Di Sumut kita sudah proses untuk sewa genset sebesar 150 MW. Sudah ditunjuk pemenangnya. Katanya mesinnya sudah masuk, sudah ada di Belawan," kata Ngurah di sela Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (25/9/2013).


Diakui Ngurah, biaya pokok produksi (BPP) listrik dari genset jauh lebih mahal karena menggunakan bahan bakar minyak. Dari perhitungan yang telah dilakukan, didapat tarif yang dibeli PLN untuk sewa genset tersebut ialah Rp 2.600/kWh, dari ongkos BBM sebesar Rp 2.300 dan tarif sewa sebesar Rp 300/kWh. Sementara tarif listrik dijual rata-rata Rp 800/kWh.


"Rp 2.600 per kWh yang itu kita produksi. Paling warga bayarnya Rp 800/kWh. Mesinnya kira-kira akhir Oktober sudah beroperasi," katanya.


Ngurah menambahkan, PLN menyewa genset tersebut selama 1 tahun, selagi menunggu beberapa proyek pembangkit yang terlambat pengoperasiannya diantaranya PLTU Nagan Raya dan PLTU Pangkalan Susu yang masih belum beroperasi.


"Selama 1 tahun kita sewa," katanya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!