Pesawat Airbus ke-17 Garuda Seharga Rp 1,6 Triliun Lebih Canggih

Cengkareng - PT Garuda Indonesia Tbk kedatangan pesawat baru A330-300 buatan Airbus, Prancis. Pesawat ke-17 ini lebih canggih dibandingkan A330-300 yang sudah dimiliki Garuda sebelumnya.

"Seri 17 ini lebih canggih, daya jelajahnya lebih jauh dengan teknologi baru," kata Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar dalam acara penyambutan kedatangan A330-300 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Jumat (27/9/2013).


Hadir dalam penyambutan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Duta Besar Perancis untuk Indonesia Corinne Breyye.


Pesawat seharga US$ 160 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun ini akan dipakai untuk penerbangan rute Jakarta-Denpasar, Hong Kong, Australia, dan Timur Tengah. Pesawat ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang menambah kenyamanan penumpang.


Menggunakan mesin Rolls Royce, pesawat ini mampu membawa 251 penumpang, sebanyak 36 penumpang kelas bisnis dan 215 penumpang kelas ekonomi. Ruang untuk penumpang lebih longgar dengan seat pitch (jarak antar kursi) yang mencapai 33-34 inci.


Pesawat Garuda A330-300 yang ke-17 diserahterimakan pihak Airbus kepada Dirut Garuda Indonesia di pabrik Airbus, Toulous, Perancis, Kamis, 26 September 2013.


"Dengan A330-300, penerbangan Garuda akan lebih bisa diandalkan dan biaya operasional lebih hemat," kata Direktur Operasi Airbus John Leahly saat serah terima pesawat tersebut.


Emir menyatakan, Garuda melanjutkan kerjasama dengan Airbus, karena opini bagus penguna maskapai nasional ini.


Pesawat ini mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 15.00 WIB. Terlihat keluar dari dalam pesawat adalah Direktur Utama GI Emirsyah Syatar beserta istri dan Direktur Komersial Erik Meijer dan istri serta seluruh jajaran direksi maupun pilot serta awak pesawat


Seri pesawat ini mempunyai daya jelajah mencapai 11.900 kilometer (km) dan terdiri dari dua kelas, yakni kelas ekonomi dan bisnis dengan kapasitas penumpang masing-masing 36 dan 215 orang.


(iy/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!