XL Akuisisi 100% Saham Axis Rp 8,6 Triliun

Jakarta - PT XL Axiata Tbk (EXCL) menyatakan akan mengakuisisi 100% saham PT Axis Telekom Indonesia (AXIS) dengan nilai sekitar US$ 865 juta atau sekitar Rp 8,6 triliun.

Namun transaksi akuisisi ini masih menunggu sejumlah kondisi dan syarat. Antara lain adalah persetujuan dari instansi pemerintah seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). XL juga masih menunggu rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang akan dilakukan tahun ini untuk meminta persetujuan akuisisi tersebut.


"PT XL Axiata Tbk (XL) sepakat untuk mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia (AXIS), melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement) dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment B.V. (Teleglobal), yang merupakan anak perusahaan STC," tutur Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi dalam siaran pers, Kamis (26/9/2013).


Adapun isi kesepakatan perjanjian jual beli ini meliputi:

Teleglobal akan menjual 95% saham di AXIS kepada XL

100% nilai perusahaan AXIS dinilai sebesar US$ 865 juta, dengan catatan buku AXIS bersih dari utang dan posisi kas nol (cash free and debt free)

Harga Pembayaran akan digunakan untuk membayar nilai nominal saham AXIS, serta membayar utang dan kewajiban AXIS


"XL berkomitmen untuk senantiasa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan yang akan segera menikmati keuntungan dari transaksi ini. Dengan akuisisi AXIS (layanannya diluncurkan pada April 2008 dan saat ini terdapat di pulau-pulau besar di Indonesia), XL akan mengukuhkan posisinya sebagai salah satu operator terdepan di industri sekaligus memperkuat kepemimpinannya di layanan data mobile. Kami yakin seluruh pemain di industri sepakat bahwa konsolidasi harus terjadi di industri telekomunikasi," tutur Hasnul.


Merril Lynch (Singapore) Pte. Ltd. (Bank of America Merril Lynch) bertindak sebagai penasihat keuangan dari XL untuk transaksi ini.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!