Jero: Thailand Punya 1.000 SPBG, Kita Baru Puluhan

Jakarta -Indonesia belum berhasil melakukan program konversi penggunaan BBM ke bahan bakar gas (BBG), karena minimnya jumlah stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG). Tidak seperti Thailand yang berhasil dengan program konversi BBG karena memiliki 1.000 SPBG.

"Thailand itu berhasil punya 1.000 SPBG, bandingkan kita yang baru punya puluhan SPBG," kata Menteri ESDM Jero Wacik dalam peresmian SPBG milik PGN di Pondok Ungu, Bekasi, Rabu (24/12/2013).


Jero mengungkapkan, saat ini produksi minyak Indonesia makin berkurang, cadangannya juga semakin sedikit, ini membuat impor minyak dan BBM makin banyak.


"Sementara kita punya gas yang banyak, apalagi di Timur Indonesia, ngebor dapatnya gas. Logikanya seharusnya kita kurangi minyak perbanyak gunakan gas," ungkap Jero.


Jero selama kepemimpinannya sebagai Menteri ESDM akan terus mendorong penggunaan gas di dalam negeri,. terutama untuk transportasi massal.


"Selama saya jadi menteri tidak ada lagi gas yang diekspor, saya cegah. Kecuali itu kontrak-kontrak lama itu tentu tidak bisa, kalau yang baru saya cegah, tidak boleh gas kita diekspor ke luar negeri," tegas Jero.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!