Kebutuhan Uang Saat Natal dan Tahun Baru di Jatim Rp 7,2 Triliun

Surabaya -Menghadapi perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2014, Bank Indonesia (BI) Wilayah IV Jawa Timur (Jatim) memperkirakan kebutuhan uang masyarakat sebesar Rp 7,26 triliun. Jumlah ini meningkat 37,51% dari perayaan Natal dan Tahun Baru 2013 lalu yang hanya Rp 5,28 triliun.

"Kita proyeksikan kebutuhan masyarakat Jawa Timur pada Natal dan Tahun Baru mencapai Rp 7,26 triliun," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah IV Jawa Timur Dwi Pranoto, Selasa (24/12/2013).


Untuk memenuhi kebutuhan uang tunai, BI Wilayah IV menyediakan uang kartal Rp 10,94 triliun atau lebih tinggi 50,62% dibandingkan dengan proyeksi kebutuhan Desember 2013.


Jumlah tersebut terdiri atas uang pecahan besar Rp 20 ribu ke atas sejumlah Rp 9,94 triliun, dan uang pecahan kecil Rp 10 ribu ke bawah sebesar Rp 1 triliun.


"Kita juga berkoordinasi dan mengoptimalkan perbankan dalam memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil masyarakat," imbuhnya.


Masyarakat dapat memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil dengan melakukan penarikan uang dari rekening masing-masing di Bank Umum dan BPR terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Surabaya dan sekitarnya.


"Kita juga berupaya memenuhi permintaan kebutuhan uang pecahan kecil di wilayah Surabaya dan sekitarnya dengan melaksanakan kas keliling," katanya.


(ze/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!