Bisnis Seks Melejit, Pendidikan Seks Terjepit

Jakarta -Sebanyak tiga video yang berisi pendidikan seks untuk anak-anak di China jadi pergunjingan di ranah maya. Video animasi itu berisi pengetahuan tentang asal bayi, perbedaan anak laki-laki dan perempuan, dan sebagainya.

Video itu dirilis baru-baru ini dan hanya dalam beberapa hari langsung ditonton lebih dari 1.000.000 kali di situs Youku, YouTube-nya China. Pembuatnya adalah tiga orang yang menamakan dirinya Nutcracker Studio.


Di negeri di mana pendidikan seks masih menjadi kontroversi, video itu menjadi topik yang hangat. Tapi para animatornya beralasan, mereka hanya ingin menyajikan informasi mendasar tentang seks kepada anak-anak.


Zhao Yilong, sang pembuat video kartun, itu bilang dirinya terinspirasi akan sejumlah skandal percabulan yang terungkap ke publik China. Menurutnya, supaya kasus-kasus itu tak diabaikan, dirinya ingin menyediakan informasi yang bisa dipahami publik.


“Anak-anak kecil sangat penasaran tentang seks, jadi kami ingin menjelaskannya secara jelas melalui film kartun,” kata Yilong kepada kantor berita Xinhua.


Sebuah studi yang dirilis baru-baru ini oleh koran Beijing News dan Pusat Konseling Psikologis mendapati bahwa sedikitnya satu dari lima orang tua di China telah mengajarkan anak-anaknya bagaimana cara meminta tolong kalau mereka jadi korban.


Hanya 1 dari tiga orang tua, pada survei yang melibatkan 1.100 responden itu, yang mengatakan telah memberitahu anak-anaknya mana bagian tubuh privat yang tak boleh disentuh oleh orang lain. Next


(DES/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!