Cak Imin Pede Pengangguran Tahun 2014 Turun Jadi 7,24 Juta

Jakarta -Jumlah pengangguran di Indonesia pada tahun 2014 diprediksikan menurun menjadi 7,24 juta orang. Jumlah ini diprediksi turun sekitar 0,22 persen dari jumlah pengangguran terbuka pada tahun 2013 ini yang sebanyak 7,39 juta orang.

Menurut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, penurunan jumlah pengangguran terbuka tersebut disebabkan optimisme tumbuhnya perekonomian Indonesia dan semakin berkurangnya tambahan angkatan kerja baru.


"Pemerintah optimistis tahun depan perekonomian Indonesia akan tumbuh dengan baik sehingga diperkirakan akan dapat menciptakan kesempatan kerja yang lebih luas," kata Muhaimin kepada detikFinance, di acara wisuda Hafidz ke-25 dan Binnadhar ke-23 di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an, Tebuireng, Jombang pada Minggu (22/12/2013).


Muhaimin mengatakan, pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk membuka lapangan kerja di berbagai sektor. Upaya itu untuk mengimbangi adanya tambahan angkatan kerja baru yang bertambah setiap tahunnya.


"Angkatan kerja baru diperkirakan bertambah sebanyak 1,72 juta, yakni dari 118,19 juta tahun 2013 meningkat menjadi 119,91 juta pada tahun 2014," jelas Muhaimin.


Sementara itu, lanjut Muhaimin, Kesempatan kerja yang tercipta tahun depan diperkirakan sebanyak 1,87 juta orang yang disediakan oleh 9 sektor lapangan usaha. Dengan demikian diharapkan dapat mengimbangi bahkan mengurangi pertumbuhan angkatan kerja baru pada tahun 2014 mendatang.


Semakin sedikitnya tambahan angkatan kerja baru, kata Muhaimin disebabkan karena semakin banyaknya anak-anak usia sekolah yang melanjutkan ke sekolah lebih tinggi. Baik yang ke SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Selain itu semakin sedikitnya pelajar yang droup out (DO) menyebabkan angaktan kerja baru yang memasuki pasar kerja semakin berkurang.


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!