Tanggapan DPR Soal Rencana Ahok Alihkan Subsidi BBM di DKI

Jakarta -

Ide Wakil Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) untuk mengalihkan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) di DKI ke sektor transportasi dinilai cukup berani. Akan tetapi untuk direalisasikan, ternyata cukup banyak tantangan yang harus dilewati.


Anggota Komisi VII DPR Satya W Yudha menilai ide ini sangat bagus. Akan tetapi untuk diaplikasikan, perlu ada perubahan skema distribusi BBM secara keseluruhan oleh pemerintah pusat.


"Idenya bagus, tapi banyak yang harus dirubah oleh pemerintah pusat. Terutama dalam skema distribusi," ungkapnya saat dihubungi detikFinance, Minggu (22/12/2013).


Satya menilai Ahok masih belum sepenuhnya mengerti skema sistem distribusi yang digunakan di Indonesia. Sehingga ide yang dilontarkan masih mentah dan belum ada mekanismenya.


"Nggak bisa itu, Pak Ahok itu bilang ide tersebut karena tanpa mengetahui sistem distribusi BBM di Indonesia," ujarnya


Saat ini, menurutnya pemerintah masih menggunakan sistem distribusi terbuka. Di mana artinya setiap masyarakat masih memiliki akses yang sama untuk mendapatkan subsidi.


"Kalau sistem masih terbuka, artinya semua masih bisa mendapatkan subsidi kan," sebutnyaNext


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!