19 Rute Merpati Ditawarkan ke Maskapai Lain, Ini Daftar Lengkapnya

Jakarta -Kementerian Perhubungan selaku regulator penerbangan menawarkan 19 rute milik maskapai PT Merpati Nusantara Airlines kepada maskapai lain. Rute ini merupakan rute tunggal yang sebelumnya hanya dilayani Merpati. Tawaran ini diberikan karena Merpati berhenti beroperasi mulai 1 Februari 2014.

"Jadi 19 rute punya Merpati, kita sudah tawarkan kepada maskapai lain, itu kita beri waktu 1-2 hari. Kalau tidak ada respons dalam 7 hari, akan diberikan kepada maskapai yang berminat," kata Direktur Angkutan Udara Kemenhub Djoko Murjatmojo di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (7/2/2014).


Kemenhub pada tahap awal akan memprioritaskan maskapai yang dalam surat izin usaha perusahaan (SIUP) memiliki rute yang ditawarkan ini. Tetapi bila maskapai yang bersangkutan tidak tertarik, selanjutnya Kemenhub akan menawarkan kepada maskapai lain.


"Kalau dia punya rute itu kita prioritaskan, kalau dia tidak minat, baru kita kasih kepada yang minat. Citilink sudah menyatakan minat, tapi mereka sedang menghitung. Saya bikin surat mulai Selasa, berarti minggu depan harus ada respons. Kalau sudah ditawarkan mereka tidak mau kita tinggal," terangnya.


Adapun 19 rute Merpati yang ditawarkan kepada maskapai lain adalah:



  1. Ambon-Labuha

  2. Bade-Merauke

  3. Biak-Sorong

  4. Bima-Makassar

  5. Ende-Saumlaki

  6. Ewer-Marauke

  7. Jayapura-Tanah Merah

  8. Kepi-Merauke

  9. Labuhan Bajo-Maumere

  10. Makassar-Maumere

  11. Makassar-Merauke

  12. Makassar-Selayar

  13. Manado-Palu

  14. Merauke-Tanah Merah

  15. Merauke-Wanam

  16. Moananami-Nabire

  17. Mulia-Nabire

  18. Sorong-Timika

  19. Gebe-Ternate


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!