Selain Merpati, 2 Maskapai Penerbangan Ini Juga Sedang Goyang

Jakarta -Pihak Kementerian Perhubungan menyatakan, selain PT Merpati Nusantara Airlines, ada dua maskapai penerbangan lain yang saat ini kondisinya sedang goyang karena persoalan keuangan.

"Seperti Sky (Sky Aviation)," ungkap Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti dalam diskusi 'Polemik' di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (8/2/2014).


Untuk Sky Aviation, Herry tidak mengatakan alasan yang detil mengapa maskapai ini goyang dan bermasalah. Herry hanya mengatakan, ada persoalan internal perusahaan. Pemegang saham Sky Aviation menurut Herry, tidak mendukung rencana pengembangan maskapai ini.


Lalu maskapai lain yang sedang bermasalah adalah Mandala Tigerair. Menurut Herry, Mandala saat ini sudah menutup beberapa rute penerbangan yang tidak menguntungkan. agar lebih efisien.


"Mandala itu ada di internalnya dan tidak mungkin ia terbang dengan merugi dan memilih rute-rute yang tidak merugi. Daripada ruginya cukup besar jadi ditutup dulu. Sebetulnya maskapai yang bisa bertahan saat ini adalah yang bisa lebih efisien dan, kondisi baik di internal perusahaan dengan persaingan maskapai sekarang yang cukup ketat," sebutnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!