Harga BBN Lebih Murah dari Solar Impor Singapura

Jakarta -PT Pertamina (Persero) berhasil mendapatkan pasokan bahan bakar nabati (BBN) dari dalam negeri yang lebih murah, dibandingkan impor solar dari Singapura. Namun Pertamina harus ambil langsung ke para produsen BBN.

"Pertamina kemarin, dari lelang yang dilakukan dapat harga BBN untuk biodiesel murah, lebih murah dibandingkan harga MOPS (Mean of Plats Singapore) di Singapura," ujar Direktur Jenderal EBTKE Rida Mulyana ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (7/2/2014).


Namun, Pertamina harus langsung membelinya ke produsen yang memproduksi BBN. "Tapi itu nggak jadi soal, karena Pertamina kan banyak punya armada, mulai dari kapal hingga truk," katanya.


Rida menambahkan, karena menjemput langsung ke produsen BBN yang kebanyakan tersebar di pelosok daerah, ada biaya yang dikeluarkan. "Ini yang sedang dihitung berapa tambahan biayanya, nanti tambahan biaya tersebut bisa ditutupi dari subsidi BBN yang ada di APBN yang dianggarkan Rp 3.500 per liternya," ungkap Rida.


Ia menambahkan lagi, untuk BBN yang digunakan untuk solar subsidi (biodiesel) ditargetkan tahun ini mencapai 1,644 juta kilo liter (KL) dari total target biodisel tahun ini sebanyak 4,02 juta KL.


"Tahun ini target BBN mencapai 4,02 juta KL dengan rincian biodiesel yang subsidi sebanyak 1,644 juta KL, untuk pembangkit listrik 808.000 KL dan sisianya untuk trasportasi dan industri yang dipasok Shell, AKR, Total dan lainnya sebanyak 1,567 juta KL," rincinya.


Dengan target 4,02 juta KL tersebut, dapat menghemat devisa negara sebesar US$ 3,1 miliar dolar.


"Devisa kita hemat US$ 3,1 miliar, jadi devisa kita hemat karena tidak perlu impor solar sebanyak 4,02 juta KL setahun, penghematan ini juga bisa menutupi pendapatan dari sektor minerba yang turun akibat larangan ekspor mineral mentah. Tapi kan 2017 pendapatan dari sektor minerba akan berlipat-lipat naikknya," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!