Ini Tempat Miliuner Dunia Sumbangkan Uangnya

Jakarta -Tren orang kaya dermawan atau filantropi makin berkembang di seluruh dunia. Ke mana para miliuner dunia biasa menyumbangkan uang-uangnya?

Menurut studi dari WealthInsight, tempat favorit para miliuner dunia menyumbangkan uangnya adalah ke institusi kebudayaan, seperti seni, musik, dan museum. Lalu tempat favorit kedua adalah institusi akademis, seperti sekolah atau perguruan tinggi. Sementara peringkat ketiga adalah institusi kesehatan.


Tapi selain tiga institusi teratas tadi, para miliuner juga senang menyumbangkan uangnya untuk sektor keagamaan, olahraga, hak asasi manusia, dan militer.


Sementara miliuner wanita senang menyumbangkan uangnya untuk kegiatan kesehatan dan kemanusiaan. Miliuner yang berbisnis dari sektor keuangan, mendonasikan banyak uangnya untuk sektor akademis dan kebudayaan.


Studi ini menemukan, para miliuner di dunia bisa kaya dari hasil bisnis pribadinya, dan mereka ingin memperlihatkan kesuksesannya dengan mendonasikan uangnya.


"Jumlah miliuner di dunia terus bertambah, dan mereka fokus untuk memperlihatkan kesuksesannya dengan sumbangan-sumbangan yang mereka berikan," kata Kepala Konten WealthInsight Ouliana Vlasova dikutip dari CNBC, Sabtu (8/2/2014).


Bila dibagi menurut wilayah, miliuner di negara maju seperti Amerika Serikat (AS) atau Eropa, banyak menyumbangkan uangnya untuk sektor kesehatan dan budaya. Sementara miliuner di negara berkembang, memilih sektor pendidikan.


Di Amerika, 20% milunernya menyumbangkan uang ke sektor kekayaan, lalu 19,7% ke sektor budaya, dan selanjutnya ke pendidikan dan kemanusiaan. Kalau di Asia, 27% atau nomor satunya adalah ke sektor pendidikan. Di Afrika dan Timur Tengah, para miliunernya paling besar menyumbangkan uang ke sektor akademis.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!